Dalam dunia medis, anyang-anyangan dikenal sebagai penyakit infeksi saluran kemih. Dalam bahasa asing disebut urinary tract infection. Merupakan sebuah kondisi yang menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Kebanyakan orang orang tua percaya bahwa penyebab anyang-anyangan adalah karena mengkonsumsi air yang tidak dimasak atau ada juga yang berpendapat bahwa anyang-anyangan disebabkan karena mencampur air dingin dengan air hangat. Namun yang jelas, kedua-duanya tidak ada hubungannya dengan anyang-anyangan yang dikenal sebagai indikasi infeksi saluran kemih.

air putih mengatasi anyang-anyangan

Anyang-anyangan (infeksi saluran kemih) bisa juga disebabkan karena gangguan pada ginjal. Menggunakan antibiotik untuk mengatasi anyang-anyangan bukanlah satu-satunya cara yang efektif. Karena ada beberapa obat lain yang biasanya akan diresepkan oleh dokter untuk mengatasi penyakit ini. Dan Anda tetap dianjurkan untuk berhati-hati saat menggunakan berbagai jenis obat alami atau obat herbal yang dibuat sendiri dirumah untuk mengatasi anyang-anyangan. Misalnya menggunakan baking soda atau yang lainnya.

Penggunaan baking soda dan air sebagai minuman untuk melawan infeksi saluran kemih bisa beresiko. Jadi, sebaiknya Anda juga tetap berhati-hati walaupun obat-obatan yang disarankan tersebut berlabel "obat alami." Oleh sebab itu, beberapa obat alami yang aman untuk mengatasi anyang-anyangan berikut ini bisa Anda coba.

Banyak minum air putih

Satu hal yang harus Anda lakukan ketika mengalami anyang-anyangan (infeksi saluran kemih) adalah banyak minum air putih. Mengkonsumsi banyak air putih bisa membantu mengeluarkan bakteri yang menyebabkan infeksi. Itulah yang dikatakan oleh National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases (NIDDK).

Berapa banyak jumlah air yang bisa Anda konsumsi? Tentu saja sangat bergantung dari ukuran tubuh anda. Minum antara 6 hingga 8 gelas perhari bagi orang Asia hal tersebut sudah cukup. Namun selain bersumber dari air putih, sebenarnya cairan juga bisa didapatkan dari buah-buahan atau sayuran. Buah-buahan yang banyak mengandung air seperti semangka, nanas, dan buah-buahan lain baik dalam bentuk segar maupun dibuat sebagai jus tetap bisa menjadi sumber cairan diri.

Konsumsi vitamin C

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang banyak mengandung vitamin C sangat penting ketika terkena infeksi saluran kemih (anyang-anyangan) karena vitamin C bisa menyebabkan urine menjadi lebih asam. Kondisi tersebut akan menghambat pertumbuhan bakteri di dalam saluran kemih.

Kurangi gejala anyang-anyangan dengan cara dikompres

Peradangan dan iritasi yang menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil dan menimbulkan sensasi seolah-olah panas dan terbakar, sensasi tersebut bisa dikurangi gejalanya dengan mengompres menggunakan kain yang terlebih dahulu direndam di air panas. Namun ingat, sebisa mungkin jangan mengompres terlalu lama, maksimal lakukan saja 15 menit.

Perhatikan makanan yang Anda konsumsi

Bila Anda adalah pasien infeksi saluran kemih, Anda harus tahu bahwa makanan dan minuman seperti kopi atau berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung kafein, alkohol, kemudian makanan pedas, nikotin, minuman berkarbonasi, dan semua makanan dan minuman yang mengandung pemanis buatan bisa menyebabkan kandung kemih teriritasi. Sehingga, makanan dan minuman yang telah disebutkan apabila dikonsumsi akan menyebabkan proses penyembuhan menjadi lambat.

Intinya Anda lebih dianjurkan untuk fokus mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung serat.

Jangan ragu-ragu untuk buang air kecil

Ketika terkena anyang-anyangan, biasanya kita akan merasa enggan untuk buang air kecil dan berusaha untuk menahannya karena rasa sakit yang akan diderita ketika buang air kecil begitu menyiksa. Akan tetapi menurut ahli kesehatan, untuk benar-benar bisa mempercepat proses penyembuhan, terutama untuk mengeluarkan bakteri penyebab infeksi dari saluran kemih , satu-satunya cara adalah dengan buang air kecil. Jadi pada saat ingin buang air kecil, jangan ragu-ragu untuk pergi ke toilet dan buang air kecil walaupun pasti akan terasa sakit.

Ramuan herbal untuk mengatasi anyang-anyangan

Salah satu ramuan herbal untuk mengatasi anyang-anyangan yang terbukti ampuh adalah wedang jahe. Jahe mengandung prostaglandin yang bisa mengatasi peradangan, mengurangi rasa sakit sekaligus bisa membantu mempercepat proses penyembuhan karena mengandung sejumlah anti-inflamasi.